Rabu, 01 Juli 2015

Agen Bola - Beragam Kesenian Tradisional Indonesia

Agen Bola - Beragam Kesenian Tradisional Indonesia

Kali Ini Saya Tidak Memposting Prediksi Bola Seperti Biasanya Di Karenakan Banyak Bola Yang Tidak Di Buka Pasarannya Jadi Sebagai Selingan Sampai Menunggu Pasaran Bola Berikutnya Berikut Saya Posting Artikel Yang Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Blogger Ini, Selamat Membaca :)
"Agen Bola - Beragam Kesenian Tradisional Indonesia By : Prediksi-skorterbaru.blogspot.com"
Agen Bola - Beragam Kesenian Tradisional Indonesia By : Prediksi-skorterbaru.blogspot.com

Agen Bola

Tabuik Pariaman 

Tabuik adalah sebuah benda berbentuk keranda bertingkat tiga yang terbuat dari kayu,rotan, dan bambu. Tabuik tersebut merupakan benda utama yang di arak ke tepi pantai untuk dibuang ke laut. Berat tabuik kira-kira 500 kilogram dengan ketinggian 15 meter. Badan tabuik di buat berbentuk kuda besar, bersayap lebar, berkepala perempuan cantik berambut panjang. 

Bentuk tabuik tersebut oleh masyarakat setempat  di asosiasikan seperti seekor burung “Bouraq”. Pembuatan tabuik dikerjakan dari tanggal 1 sampai tanggal 9 pada bulan Muharram oleh dua kelompok masyarakat Pariaman, yaitu kelompok Pasar dan kelompok Subarang untuk dua buah Tabuik.

Tari Piring 

Tari Piring termasuk salah satu tarian tradisional masyarakat Minangkabau yang berumur ratusan tahun. Tarian tersebut berasal dari Solok, Sumatra Barat. Tarian ini di mainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Para pemain tari piring memainkan piring dengan cekatan tanpa terlepas dari genggaman sembari bergoyang dengan gerakan yang mengalir lembut dan teratur. 

Di samping itu para penari juga sering melakukan tarian di atas pecahan kaca. Mereka menari-nari, melompat-lompat, dan berguling-guling sembari membawa piring di atas pecahan kaca. Uniknya,para penari tersebut tidak terluka sedikit pun dan piring yang mereka bawa tidak jatuh. 

Randai Randai 

Randai-randai adalah kesenian (teater) khas Minangkabau yang di mainkan oleh beberapa orang (berkelompok atau beregu). Cerita dalam randai selalu mengangkat cerita masyarakat Minangkabau seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya. Biasanya randai di mainkan pada perayaan pesta, seperti : pernikahan, pengangkatan penghulu atau pada hari besar tertentu

Lomba Perahu Naga 

Lomba perahu yang ada di kota Padang ini sudah dimula sejak zaman pemerintah kolonial Belanda berkuasa. Pada saat itu masyarakat menyebut lomba perahu dengan Selaju Sampan(Pacu Sampan /Perahu). Sampan yang dipakai di hias dengan berbagai bentuk hiasan. 

Sehingga sampan yang tampil dalam selaju sampan melaju dengan bentuk hiasan yang beraneka warna. Lomba ini dilaksanakan di komplek Gelanggang Olah Raga(GOR) Haji Agus Salim dan waktu pelaksanaannya tiap bulan Agustus.

Talempong 

Talempong adalah sebuah alat music pukul khas suku bangsa Minangkabau. Bentuknya hamper sama dengan instrument bonnang dalam perangkat gamelan. Talempong dapat terbuat dari kuningan namun adapula yang terbuat dari batu dan kayu. 

Saat ini talempong jenis kuningan lebih banyak digunakan.Talempong ini berbentuk bundar pada bagian bawahnya berlobang sedangkan pada bagian atasnya terdapat bundaran yang menonjol berdiameter lima cm sebagai tempat dipukul. 

Talempong memiliki nada yang berbeda-beda Bunyi yang dihasilkan dari sepasang kayu yang dipukulkan pada permukaannya. Kesenian Talempong sering dimainkan pada acara acara khusus seperti pesta pernikahan, acara resmi pemerintahan atau atraksi untuk turis domestic maupun mancanegara


Tidak ada komentar: